Nama :
Alan Kurniawan
Npm :
10215444
Kelas :
4EA26
Mata
Kuliah : Manajemen Pemasaran Global
Materi : Tahap-tahap Pengembangan
Korporasi Transnasional
Tugas : Genap
a).
Tahap Pertama : Perusahaan Domestik
Fokus perusahaan ini pada pasar
domestik, pemasok domestik dan pesaing domestik. Lingkungan perusahaan terbatas
pada lingkungan domestik yang sudah dikenal, yaitu negara sendiri. Jadi fokus,
visi, orientasi dan operasinya adalah domestik. Jadi perusahaan domestik adalah
suatu unit bisnis yang tingkat operasional dan pangsa pasarnya berada dalam
suatu wilayah saja tanpa melewati batas suatu negara.
b).
Tahap Kedua : Perusahaan Internasional
Pada tahap kedua, perusahaan mulai
mengembangkan kegiatannya ke luar negeri, termasuk kegiatan pemasaran,
pengembangan pabrik dan kegiatan lainnya. Walaupun kegiatannya sudah berkembang
ke luar negeri, akan tetapi pada tahap ini perusahaan masih etnosentris atau
berorientasi dalam negeri sebagai orientasi dasarnya, dan fokusnya masih tetap
pada pasar dalam negeri. Strategi pemasaran dari perusahaan tahap kedua
adalah perluasan, artinya praktik bisnis yang dikembangkan untuk pasar
dalam negeri diperluas untuk pasar di luar negeri, termasuk di dalamnya produk,
iklan, promosi dan penetapan harga. Dengan sumber daya dan pengalaman yang
terbatas, perusahaan harus memfokuskan pada apa yang paling baik untuk mereka.
c).
Tahap Ketiga : Perusahaan Multinasional
Pada tahap ketiga, perusahaan yang
berada pada tahap kedua mulai menemukan bahwa perbedaan dalam pasar di seluruh
dunia menuntut adaptasi dari bauran pemasaran agar dapat sukses. Apabila sebuah
perusahaan sudah mulai memutuskan untuk memberikan respons terhadap perbedaan
pasar, maka perusahaan itu telah beranjak menjadi perusahaan multinasional.
Fokus perusahaan adalah multinasional atau dalam istilah strategis disebut
multidomestik, yang artinya perusahaan tersebut merumuskan strategi yang unik
untuk setiap negara tempat perusahaan melakukan bisnis. Orientasi perusahaan
bergeser dari etnosentris ke polisentris, yaitu asumsi bahwa pasar dan cara
melakukan bisnis di seluruh dunia demikian unik, sehingga satu-satunya cara
agar sukses secara internasional adalah melakukan penyesuaian pada aspek yang
berbeda dari setiap pasar nasional.Strategi pemasaran tahap ketiga adalah
menyesuaikan bauran pemasaran domestik agar cocok dengan pilihan dan kebiasaan
asing. Penyesuaian dengan budaya di tiap negara yang dimasuki adalah
suatu keharusan untuk dapat bertahan dan sukses. Dengan mendirikan banyak unit
produksi di negara lain diharapkan dapat menghemat biaya produksi dan
distribusi produk sehingga sampai ke tangan konsumen akhir.
d).
ahap Keempat : Perusahaan Global
Pada tahap kekempat, perusahaan
multinasional membuat ancangan strategi yang cukup besar dan menjadi perusahaan
global. Perusahaan global pasti mempunyai strategi pemasaran global atau
menentukan pemasok global, tetapi tidak pernah kedua-duanya. Perusahaan ini
akan memfokuskan pada pasar dan sumber daya global dari dalam negeri atau salah
satu negara lain untuk memasok pasar ini, atau akan memfokuskan pada pasar
domestik dan sumber daya dari dunia untuk memasok saluran distribusi domestik.
e).Tahap
Kelima : Perusahaan Transnasional
Pada tahap kelima, perusahaan global
semakin lama semakin mendominasi pasar dan industri di seluruh dunia dan
kemudian menjadi perusahaan transnasional yang merupakan perusahaan dunia yang
terpadu yang menghubungkan sumber daya global dengan pasar global dan membuat
laba. Perusahaan pada tahap kelima mempunyai orientasi geosentris., mengakui
adanya perbedaan dan persamaan serta mengadopsi pandangan dunia. Perusahaan
mengadopsi strategi global yang memungkinkannya untuk meminimalkan penyesuaian
di berbagai negara pada yang benar-benar menambah nilai bagi pelanggan di
negara tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar