Sabtu, 26 Januari 2019

PERMAINAN PANGGAL


Berawal ketika saya pulang dari jogging sore saya melihat ada dua ank kecil yang sedang beramain gasing jadi inget waktu masa kecil dulu ya?
Permainan yang satu ini kalo di daerah saya namanya panggal ato ada juga yang menyebutnya gasing, mungkin di jaman sekarang tidak banyak anak yang memainkan permainan inidi bawah gempuran gadget-gadget canggih, mereka (anak jaman sekarang) lebih suka bermain di gadget daripada bermain permainan trasisional mungkin juga mereka Bahkan tidak tahu sama sekali apa itu permainan tradisional, berbeda di jaman era 90an mungkin diantara pembaca ada yang mengalaminya dimana dijaman itu belum ada gadget tapi rasanya kalo menurut penulis keseruan selalu mewarnai masa-masa kecil itu.
Panggal atau gasing adalah permainan yang terbuat dari kayu dan tambang yang terbuat dari kain, tambang dari kain tersebut digunakan untuk menarik panggal atau gasing unruk memutarkannya dengan cara ditarik.
Caranya membuat panggal.
Dimasa kecil saya dulu permainan tidak harus beli apalagi yang mahal karena waktu itu kita bisa menciptakan atau membuatnya sendiri dengan mudah dan bahan yang mudah pula. Walau ada sebagian yang beli tapi saya lebih senang membuatnya sendiri. 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg0yuXdBj_D9hLa81zDSILcWyMlW3R9-ZlT0pzxWV7HQNdMGjwj8dUhMSsAoWEJ_107IcZ6b5UNV5llfxVeCfDUBFhio4kar3u9xx5b4Ydn5AMopg81Nv46Ug5pZVR8hTIFoEDGhpUHbVQ/s400/gasing-jantung-babel.png
gambar dari google

      1.       Ambil batang kayu.
Biasanya saya waktu itu membuat dari batang kayu berdiameter kira-kira kurang lebih 10cm dan panjang kurang lebih 15cm. Untuk bahannya bisa apohon atau kayu jenis apa saja tapi saya lebih senang buat dari bahan kayu jambu biji karena tidak terlalu keras buat di bentuk. Pargi kehutan nyari bahan.
      2.       Memahatnya atau membentuk.
Ketika membentuk sebuah gasing biasanya saya menggunakan gergaji dan  golok tajam. Awalnya kayu tersebut digergaji dengan panjang kira-kira 15cm, dan dibentuk menggunakan golok hati hati ya buatnya.
1.       Hal yang pertama adalah membuat garis tengah sebagi tanda untuk membuat leher panggal dan badan panggal atau tempat tambang untuk memutarnya.
2.       Membuat leher dan kepala
Buatlah leher dan kepala panggal menggunakan golok, setiap sisi jarajknya harus sama ya!
3.       Lalu kemudian buat badannya, setelah itU
      3.       membuat tambang kain.
Biasanya saya membuat tambang dari bahan sarung atau yang sudah tidak dipake bisa juga menggunakan tambang yang sudah jadi tidak perlu repot tentunya, gunting kain tersebut lalu melintingnya kirakira panjangnya 1 meter. Tambang ini lah alat untuk memutarkan panggal tersebut.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiKqbWztCzpLRq7IuWyBoujyfMVY2hg1IOcIfTvInVD0WNqaRsfvyaKtTMPuTPPpE-6wtYcp0jaTN-WxJWDqgCgh-DPkjGII620i9EHeIUvQnxuCbyQSuI7JtPykqGNQTVLW_QK8_I2VGM/s400/panggal+%25281%2529.jpg


Biasanya dulu kita memainkannya setelah pulang sekolah menjelang sore ateu ketika hari libur sekolah dengan bersama-sama kumpul dilahan yang kosong atau bahkan di sawah ketika sehabis panen. Dengan tidak lupa belajar tentunya ya!!

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiHx91BWhJj15PJ2AApPfXjefcJqF152ckFVI_XiEmQX1eBIFWWzjFEgNfFJEHyrUYKpK77AU1psflDUGjMD7yngubN2GAaCKX4hs3nRQa5PmVqCrpPpJ82uUdtPhtWErR536TW6KD8pJM/s400/IMG_20140420_081751.jpg
 gambar dari google.

Untuk aturan mainnya adalah siapa yang bisa bertahan berputar lebih lama dia lah yang menang.
Sedikit prihaitn juga anak-anak sekarang tidak mengetahui bagaimana serunya bermain panggal ini. Dan dibalik keseruannya terdapat hal kreatifitas di dalamnya dimana kita bisa membuat alat permainan nya sendiri dengan mudah dan murah. :)

Sumber : http://hanyangnyaho.blogspot.com/2016/03/permainan-panggal.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar