Sabtu, 26 Januari 2019

SOAL SISTEM INFORMASI DAN RISET PEMASARAN GLOBAL


1.)    Proses pengumpulan data dan mengubahnya ke dalam informasi yang bermanfaat dapat dibagi dalam lima tahapan dasar yaitu, kecuali :
a.       Mengidentifikasi permasalahan riset
b.      Mengembangkan rencana riset
c.       Melakukan tindakan *

2.)    Perusahaan- perusahaan kecil dapat menyewa jasa perusahaan riset pemasaran atau melakukan riset dengan cara yang kreatif dan biaya yang terjangkau, seperti berikut, kecuali :
a.       Menugaskan mahasiswa atau dosen perguruan tinggi untuk merancang dan dan menjalankan proyek sistem pemasaran
b.      Menggunakan internet : perusahaan dapat mengumpulkan informasi yang banyak sekali dengan biaya sangat kecil
c.       Hanya berdiam diri tanda melakukan tindakan apapun *

3.)    Yang bukan termasuk enam kategori sistem intelijen bisnis global yaitu…
a.       Nilai tukar mata uang asing
b.      Pasar
c.       Ekspor dan impor *

4.)    Salah satu riset pemasaran yang efektif adalah..
a.       Mendefinisikan masalah, alternatife keputusan, dan tujuan riset *
b.      Nilai tukar mata uang asing
c.       Mengamati para pesaing : banyak perusahaan kecil yang secara rutin mengunjungi para pesaing- pesaingnya

5.)    Riset pemasaran adalah…
a.       Riset pemasaran adalah kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, perumusan tujuan penelitian, pengumpulan data, pengumpulan data, pengolahan data dan interpretasi hasil penelitian *
b.      Data segar dapat dikumpulkan dengan mengamati para pelaku dan keadaan yang relevan.
c.       Data segar dapat dikumpulkan dengan mengamati para pelaku dan keadaan yang relevan.

6.)    Orang, peralatan dan prosedur untuk mengumpulkan, menyortir, menganalisis, mengevaluasi, dan mendistribusikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan, tepat waktu, dan akurat kepada pembuat keputusan pemasaran. Merupakan pengertian dari ...
a.       Sistem Informasi Pemasaran *
b.      Peran Sistem Informasi Pemasaran
c.       Sistem Intelijensi Pemasaran

7.)    Mencari masalah dan menerapkan ide baru terdiri dari tujuan riset ..
a.     Riset Deskriptif
b.     Riset Eksploratif *
c.     Riset Kausal

8.)    Riset pemasaran yang baik terdiri dari, kecuali ...
a.       Ilmiah
b.      Kreatif
c.       Sumber internal *

9.)    Yang terdiri dari sumber data sekunder adalah ...
a.       Bersifat skeptis
b.      Data komersial*
c.       Menghasilkan nilai informasi

10.)  Peran sistem informasi pemasaran kecuali…
a.       Mendistribusikan informasi dengan tepat waktu
b.      Membangun informasi yang dibutuhkan
c.       Menilai informasi yang dibutuhkan karyawan *

11.)  Dalam sistem informasi pemasaran, informasi bisa didapatkan dari…
a.       Data Eksternal Perusahaan
b.      Aktivitas Intelejen Pemasaran *
c.       Riset Bisnis

12.)    Seperangkat prosedur yang digunakan para manajer untuk memperoleh informasi harian     mengenai perkembangan di lingkungan pemasaran disebut dengan…
a.       Sistem Informasi pemasaran
b.      Aktivitas riset penelitian
c.       Sistem intelijen pemasaran *

13.)  Suatu rancangan yang sistematis, koleksi analisis, dan laporan data dan temuan yang relevan terhadap situasi pemasaran tertentu yang dihadapi oleh perusahaan disebut….
a.       Riset bisnis
b.      Manajemen pemasaran
c.       Riset Pemasaran *

14.)  Pendekatan Riset terdiri dari…
a.       Observasi, Data primer, Data sekunder
b.      Survei, Searching data, Eksperimen
c.       Observasi, Survei, Experimen *

15.)  Urutan dari proses riset pemasaran yaitu…
a.   Merencanakan masalah, Mengembangkan masalah, Menyajikan hasil temuan,                  Menganalisis masalah
b. Mendefinisikan masalah, Mengembangkan rencana, Mengumpulkan informasi,        Menyajikan  hasil temuan, Menganalisis informasi *
c. Mendefinisikan sasaran riset, Mengumpulkan informasi, Mengembangkan rencana, Menyajikan hasil temuan, Menganalisis informasi

16.)    Yang bukan merupakan riset pemasaran yang baik yaitu…
a.       Ilmiah, Kreatif, Bersifat Skeptis
b.      Inovatif, Meniru, Bersifat apatif *
c.       Etis,  Menghasilkan nilai informasi, Kreatif

17.)  Perkiraan permintaan, perilaku konsumen, produk, saluran, media komunikasi dan biaya, respon pasar merupakan pengertian dari…
a.      Pasar*
b.     Persaingan
c.      Informasi

18.)  Dalam proses riset pemasaran langkah yang dilakukan setelah mengembangkan rencana riset adalah..
a.      Mendefinisikan Masalah dan Sasaran Riset
b.     Mengumpulkan Informasi*
c.      Menganalisis Informasi


19.)  Berikut merupakan riset yang digunakan untuk mendefinisikan masalah & tujuan, kecuali..
a.      Riset eksploratif
b.     Riset Kausal
c.      Riset Observartif*

20.)  Yang termasuk dalam 6 kategori Sistem Intelijen Bisnis Global adalah..
a.      Pasar, Persaingan, Nilai Tukar Mata Uang Asing, Informasi, Sumber Informasi, Kondisi Umum*
b.     Pasar, Bisnis, Nilai Tukar Mata Uang Asing, Informasi, Sumber Informasi, Kondisi Umum
c.      Pemasaran, Persaingan, Nilai Tukar Mata Uang Asing, Informasi, Sumber Informasi, Kondisi Umum

Essay
1.      Mengapa pemasar atau manajemen perusahaan memerlukan informasi yang tepat dan akurat tentang produk yang akan dijual, konsumen dan pesaing serta potensi pasar?
Jawaban : Informasi yang tepat dan akurat diperlukan dalam mengambil sebuah keputusan jangka pendek maupun jangka panjang dengan maksud untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan dari sebuah usaha.

2.      Bagian selain bagian Marketing adalah merupakan pendukung dari bagian pemasaran, coba sebutkan alasannya?
Jawaban: Karena suksesnya bagian pemasaran merupakan kesuksesan bagianbagian lain dari perusahaan tersebut karena didukung oleh bagianbagian lain dari perusahaan.

3.      Mengapa bagian marketing sering disebut jantung dari perusahaan?
Jawaban: Karena Bagian Marketing hidup matinya perusahaan, jika penjualan menurun maka perusahaan akan lesu, dan sebaliknya jika bagian marketing dapat memesarkan produk secara sukses maka perusahaan akan bergairah dan akan berjalan sesuai dengan mestinya

4.      Coba sebutkan bagian-bagian apa saja yang ada diperusahaan?
Jawaban: Bagian yang ada diperusahaan pada umum nya yaitu bagian marketing, bagian akuntansi, bagian keuangan, bagian produksi, bagian gudang, dan bagian service. Pada perusahaan yang besar organisasi akan semakin komplek akan lebih banyak perusahaan membentuk bagian-bagian di perusahaan, pada perusahaan kecil mungkin bagian-bagian pada perusahaan semakin sederhana. Bagian-bagian yang ada diperusahaan tergantung kebutuhan yang ditafsirkan oleh manajemen.

5.      Coba sebutkan bagian-bagian apa saja yang ada dibagian pemasaran?
Jawaban: Bagian marketing pada umumnya terdiri dari riset pasar, promosi, iklan, penjualan, distribusi dan layanan purna jual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar